Beberapa Sumber Makanan Mengandung Zat Besi Tinggi

Sumber makanan mengandung zat besi sangat kita butuhkan untuk memberikan suplai zat besi kepada tubuh kita. Zat besi adalah salah satu nutrisi penting untuk tubuh manusia, terutama dapat menimbulkan masalah pada kulit dan tubuh. Kulit yang cemerlang, cerah dan sehat serta tubuh yang kuat dan tidak mudah letih adalah salah satu bentuk terpenuhinya kebutuhan akan zat besi dalam tubuh. Karena itu beberapa sumber makanan yang mengandung zat besi harus kita kenal untuk memudahkan kita orang tua memberikan sumber makanan tersebut kepada keluarga terutama anak-anak kita. Apa saja makanan tersebut?

Mengapa kita perlu mendapatkan sumber zat besi dari makanan, bukannya cukup dengan minum suplemen, kita sudah mendapatkan asupan zat besi yang memadai? Hmm, itu cara berfikir praktis yang tidak selalu dapat memberikan kebutuhan yang kita inginkan, karena mengkonsumsi suplemen makanan tidaklah sama dengan mengkonsumsi langsung sumber makanan tersebut, coba baca lagi mengenai masalah suplemen pada artikel sebelumnya.

Sumber Makanan Yang Mengandung Zat Besi


Umumnya kita hanya mengenal jenis sayuran hijau seperti kangkung dan bayam sebagai sumber zat besi, tapi jangan salah, ternyata ada banyak sumber makanan yang bisa menjadi alternatif suplai zat besi ke dalam tubuh kita. Berikut adalah beberapa makanan yang banyak mengandung zat besi:

Kandungan Zat Besi dalam Hati Ayam


Selain seafood kerang-kerangan, salah satu sumber makanan yang mengandung zat besi adalah hati ayam. Dalam setiap 28 gram hati ayama mengandung setidaknya 1/5 bagian kebutuhan zat besi harian yang dibutuhkan tubuh kita. Artinya, dengan memakan hati ayam tidak sampai etengah ons saja, kita sudah dapat memberikan kebutuhan tubuh akan zat besi lebih dari seperlimanya. Kita selanjutnya tinggal menambahkan dengan sumber yang lain, misalnya berupa sayuran atau makanan lainnya.

Serat dan Zat Besi dalam Sereal


Kalau sudah baca artikel sebelumnya tentang manfaat oatmeal, tentu Anda tidak heran lagi dengan kandungan nutrisi yang tinggi dari kelompok sereal ini. Ada beberapa kelompok bahan makanan sereal seperti dari jagung atau gandum dan tentu saja oatmeal. Sumber makanan sereal tersebut mengandung zat besi tinggi serta serat alami yang sangat memabantu organ pencernaan kita.



Zat Besi Tinggi dalam Daging Sirloin 


Ternyata selain dapat digunakan untuk mensuplai protein ke dalam tubuh, daging sirloin juga mengandung banyak zat besi, karena itulah umumnya daging sirloin lebih padat dan lebih berat. Daging sirloin bisa didapatkan pada bagian belakang sapi (baca kembali sumber protein untuk rambut dengan daging sirloin), ikan dan unggas, biasanya juga disebut dengan daging merah, karena warnanya lebih pekat dari warna daging lainnya. Kandungan besi dalam daging sirloin mampu menyerap zat besi secara efektif, karena itu dapat dimanfaatkan untuk menjaga berat badan kita.

Kerang dan Remis Punya Kandungan Zat Besi Tinggi


Siapa sangka bahsa seafood jenis kerang-kerangan seperti kerang dan remis ini ternyata adalah makanan yang mengandung zat besi tinggi. Bagi yang suka kerang dengan makan sate kerang atau bentuk olahan lainnya, itu berarti Anda sudah memenuhi setidaknya 30 sampai 150 persen kebutuhan zat besi harian Anda.

Kalau favorit saya, adalah mencampurkan kerang ke dalam masakan sayur bening berupa bayam dan gambas. Saat selesai makan akan terjadi kebiasaan menarik yaitu lomba cepat-cepatan menghabiskan kerang yang ikut masuk ke dalam piring. Karena kerang langsung di masak bersama kulitnya, maka lomba cepat makan kerang pun semakin unik, buka, congkel, sruput, ahh nikmatnya.

Zat Besi dalam Tahu


Sudah kenal dengan tahu bukan? Ya, tahu ternyata mempunyai kandungan zat besi tinggi. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa 340 gram tahu dapat mengandung 36 persen kebutuhan zat besi tubuh kita. Artinya, dengan konsumsi tahu, dan masak sayur bayam saja, sebenarnya kita telah dapat memenuhi kebutuhan zat besi harian kita. Untungnya lagi, tahu dapat diolah menjadi banyak jenis olahan makanan, mulai dari lauk, campuran sayur, campuran masakan bothok, gorengan, dan lain-lain.

Kandungan Zat Besi dalam Bayam



Ini adalah sumber makanan mengandung zat besi tinggi yang paling dikenal masyarakat. Untuk mendapatkan suplai zat besi secara aman, Anda dapat mengkonsumsi bayam sebagai menu harian, dan jangan lupa untuk menambah kebutuhan vitamin C dalam tubuh kita.

Demikian beberapa sumber makanan yangmengandung zat besi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Dari sumber wikipedia disebutkan bahwa zat besi berguna untuk


mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Untuk mengangkut oksigen, zat besi harus bergabung dengan protein membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah dan myoglobin di dalam serabut otot. Bila bergabung dengan protein di dalam sel zat besi membentuk enzim yang berperan di dalam pembentukan energi di dalam sel.


Cukup penting bukan kegunaan zat besi bagi tubuh kita, karena itu, berilah porsi yang cukup zat besi pada tubuh kita dengan mengkonsumsi beberapa sumber makanan yang mengandung zat besi tersebut. Ternyata selain bayam ada banyak alternatif untuk memberikan suplai zat besi ke dalam tubuh kita. Semoga bermanfaat!

Judul artikel: Beberapa Sumber Makanan Mengandung Zat Besi Tinggi
Kategori :
Diposting pada: Rabu, April 23, 2014
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.co.id/2014/04/sumber-makanan-mengandung-zat-besi.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.