Manfaat Oatmeal Sebagai Menu Sehat Harian

Manfaat outmeal untuk kesehatan memang tidak terbantahkan hingga kini. Ada banyak studi yang menunjukkan bahwa oatmeal mempunyai kandungan nutrisi luarbiasa yang sangat baik untuk membantu tubuh kita menjadi lebih sehat dan mendapatkan suplai nutrisi yang cukup. Tumbuhan oat yang masuk keluarga serelia ini mempunyai hubungan historis yang cukup lama dengan tradisi kuliner Skotlandia. Masyarakat di sana sudah lama memanfaatkan oatmeal sebagai bahan makanan pokok mereka. Apa saja kegunaan dan manfaat oatmeal bagi kesehatan kita? Kalau sudah pernah baca beberapa jenis makanan yang dapat mempertinggi badan pada posting sebelumnya, itu adalah salah satu manfaatnya. Pada kesempatan ini saya sharing beberapa manfaat lain yang juga luarbiasa.



Bermanfaat untuk Menurunkan kolesterol


Kandungan serat larut dalam oatmeal sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menahan penyerapan kolesterol jahat (LDL). Kandungan serat larut seperti ini juga ditemukan pada buah apel dan pir. Oatmeal dapat dijadikan menu harian sehat Anda, karena dalam semangkuk oatmel terkandung garam serat yang mencukupi kebutuhan tubuh untuk mengurangi kolesterol jahat.


Menurunkan resiko tekanan darah tinggi


Bagi Anda yang mempunyai kecenderungan mengalami resiko tekanan darah, sebaiknya rajin untuk mengkonsumsi oatmeal. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi oatmeal kepada subjek terkena resiko tekanan darah atau hipertensi, dapat mengurangi resiko tersebut. Setidaknya mereka sebaiknya mengkonsumsi satu mangkuk sereal oatmeal setiap hari. Kondisi meningkatnya resiko hipertensi biasanya ada pada wanita menopause.


Melindungi Kolesterol Baik


Bila Anda menginginkan kolesterol baik atau HDL Anda dalam kondisi fit dan tidak ada unsur yang mereduksinya, seperti radikal bebas dan lain-lain, sebaiknya Anda juga sering mengkonsumsi oatmeal, karena oatmeal bermanfaat untuk menanggulangi bahaya radikal bebas yang menyerang HDL. Di dalam oatmeal terkandung antioksidan avenanthramide yang mempu melindungi HDL sekaligus dapat melindungi LDL atau kolesterol jahat dari oksidasi yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular. Selain itu, perhatikan juga makanan lain yang menyebabkan menurunnya HDL. Ada beberapa makanan yang mengandung lemak trans yang dapat menurunkan HDL.

Oatmeal dapat Mencegah Terjadinya Kanker Payudara


Mengkonsumsi oatmeal secara rutin dapat meningkatkan kebutuhan serat dalam tubuh yang dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara. Kandungan serat dalam oatmeal dapat menyerang karsinogen dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh, hal ini menjadikan tubuh terlindung dari perkembangan kanker payudara.

Oatmeal Mampu Mencegah Resiko Diabetes


Kandungan magnesium tinggi dalam oatmeal dapat bermanfaat untuk membantu mengatur insulin dan kadar glukosa. Untuk mendapatkan manfaat oatmeal ini secara optimal, minumlah susu yang sudah dicampur dengan oatmeal saat sarapan dan jadikan sebagai menu harian Anda.

Manfaat oatmeal untuk diet


Kandungan kaya serat dalam oatmeal adalah menu yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat ini dapat membuat perut Anda terasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, kebutuhan Anda untuk menambah konsumsi tambahan berupa camilan dan lain-lain dapat diminimalisir, sehingga tentu saja Anda tidak terlalu banyak mendapatkan asupan yang berlebihan dan hasilnya berat badan Anda tidak akan naik secara drastis. Untuk menjadikannya lebih optimal, jadikan oatmeal sebagai menu sarapan harian Anda, sehingga sampai siang hari Anda tidak merasa lapar sebelum waktunya makan siang.

Manfaat Oatmeal untuk Bayi


Untuk bayi yang menderita penyakit celiac, mereka bisa diberi oatmeal dan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka mampu menyerap nutrisi yang berasal dari oatmeal ini. Kondisi celiac adalah kondisi dimana usus bayi tidak dapat menyerap nutrisi makanan. Dengan diberi makan oatmeal, bayi masih dapat mendapatkan suplai nutrisi, karena oatmeal dapat diserap oleh usus dengan baik.

Oatmeal dapat dibentuk menjadi beberapa jenis makanan yang menarik, bisa dalam bentuk pancake, cookies, atau model muffins yang lain.
Selain beberapa manfaat oatmeal di atas, ternyata oatmeal juga sangat bermanfaat untuk kulit, menghilangkan jerawat, nutrisi untuk ibu hamil dan lain-lain. Yang jelas, oatmeal ini bermanfaat dalam berbagai kebutuhan, terlebih lagi, oatmeal juga bisa dibentuk dalam bermacam-macam jenis makanan seperti menjadikan oatmeal sebagai pancakes, cookies atau quaker dan lain-lain.

Demikian beberapa manfaat oatmeal dalam kesehatan manusia yang bisa dimanfaatkan sebagai menu harian Anda. Anda juga dapat memanfaatkan oatmeal dengan berbagai jenis bentuk makanan yang tentu saja menarik baik anak-anak maupun dewasa. Selamat berkreasi dengan oatmeal!

Judul artikel: Manfaat Oatmeal Sebagai Menu Sehat Harian
Kategori :
Diposting pada: Selasa, April 22, 2014
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.co.id/2014/04/manfaat-oatmeal-sebagai-menu-sehat.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

2 komentar:

  1. "Serat larut" tidak saya mengerti artinya.Karena pengertian saya, serat adalah partikel panjang2 dan bukan larutan yang dapat diserap oleh usus. Mohon penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya ada di posting terbaru pak. Tentang perbedaan serat larut dan tidak larut.Terimakasih semoga bermanfaat.

      Hapus

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.