Sejuta Manfaat Berenang Bagi Anak

Manfaat Renang - Ingin anak lebih cerdas? Ajarilah ia berenang. Sebuah studi menyatakan bahwa mengajarkan anak berenang dapat meningkatkan IQ anak. Setidaknya itu adalah salah satu manfaat berenang bagi anak disamping beberapa manfaat lainnya.

Tak salah bila Rasul mewanti-wanti orang tua untuk mengajarkan ketrampilan kepada anak yang salah satunya adalah keterampilan berenang. Selain anak mempunyai kemampuan berenang, ternyata renang juga mempunyai segudang manfaat yang luar biasa khususnya bagi anak. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diambil dari berenang bagi orang dewasa dan khususnya anak-anak.


Berenang dapat Mencerdaskan Anak


Hasil studi Griffith University yang dimulai tahun 2009 menyebutkan bahwa anak-anak di bawah usia 5 tahun yang mengikuti pelajaran renang mempunyai perkembangan kognitif dan fisik yang lebih maju daripada mereka yang tidak mengikuti pelajaran renang. Penelitian ini melibatkan lebih dari 45 sekolah di Australia dan Amerika.

Penelitian selanjutnya adalah yang dilakukan pada tahun 2011 di Melbourne, Australia. Para peneliti melakukan pengukuran IQ pada anak usia 10 tahun. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar berenang sejak bayi memiliki IQ lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak diajarkan bernenang.
Pada jurnal “Applied Physiology” tahun 2009 Sebuah tulisan oleh Kramer A.F., dan kawan-kawan, menunjukkan bahwa berenang dapat memperluas kapasitas memori pada hippocampus. Hippocamus adalah bagian pada otak yang berhubungan dengan ingatan (memoriI) dan pembelajaran. Aquachild
Itulah beberapa penelitian para ahli bahwa berenang senyatanya dapat menjadi media yang baik untuk melatih kecerdasan anak. Karena itu, sebaiknya ajarkan anak untuk berenang bahkan sejak masih bayi.

manfaat berenang bagi anak

Baik untuk Melatih Fungsi Motorik Anak


Berenang adalah salahsatu latihan motorik kasar anak yang baik (baca: cara melatih motorik halus anak). Dengan berenang saraf dan otot bayi dapat berkembang dengan baik karena smua bagian tubuh terlatih untuk bergerak. Gerakan yang melibatkan seluruh fongsi motor ini sangat berguna bagi anak sebagai latihan dan penguatan otot. Beberapa bagian oto tubuh yang mendapatkan latihan secara maksimal dengan berenang adalah otot dada (pectoralis), otot trisep dan paha depan.


Untuk Melatih Keberanian


Siapa yang tidak takut tenggelam, bahkan anak-anak pun sudah mengenal takut bila berhadapan dengan air, mungkin saja karena takut tenggelam. Berlatih renang bisa menjadi media yang baik untuk menguatkan keberanian anak. Tentu saja dalam latihan diperlukan bimbingan orang tua atau pelatih renang, agar anak tidak trauma dan semakin takut masuk ke kolam. Dengan bimbingan yang baik, anak akan merasa nyaman berlatih renang dan tentu saja hal ini akan mempertebal keberanian anak.


Menjadikan Jantung Lebih Sehat


Kinerja otot kasar saat berenang dapat membantu fungsi jantung agar dapat bekerja memompa darah dengan lebih efisien. American Heart Association (AHA) melaporkan bahwa dengan 30 menit latihan per hari, seperti berenang, dapat mengurangi penyakit jantung koroner sebesar 30 sampai 40 persen.

Bisa Mengurangi Resiko Diabetes


Sepertihalnya olahraga yang lain, dengan latihan berenang anak dan orang dewasa dapat membakar kalori yang otomatis mengurangi resiko diabetes. Latihan renang dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Karena itu, disarankan kepada penderita diabetes agar berenang untuk membantu kontrol glikemik/gula darah dalam tubuh. Baca kembali berita tentang diabetes memicu kematian 180 ribu per tahun.

Dapat Menyeimbangkan Kolesterol


Rutin berenang dapat menyeimbangkan kolesterol. Penumpukan kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh dapat dinetralisir dengan berenang, sebab berenang dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik. Baca kembali masalah kolesterol jahat pada jenis makanan tidak sehat bagi anak.


Dapat Mengontrol Berat Badan


Bukan berarti olahraga dalam air yang tidak berkeringat tidak bisa membakar kalori. Anggapan itu salah, bahkan berenang mempunyai kekuatan membakar kalori luarbiasa. Berenang 10 menit dengan gaya dada dapat membakar 60 kalori, gaya punggung 80 kalori, gaya bebas sampai 100 kalori, dan gaya kupu-kupu bahkan sampai mencapai 150 kalori.


Sebagai Media Belajar Disiplin


Gerakkan tangan dan kaki bersamaan! Mungkin perintah tersebut disebutkan beberapa kali agar anak dapat mengapung. Dengan begitu, anak akan secara tidak langsung berusaha menggerakkan tangan dan kaki, karena kalau tidak digerakkan ia akan tenggelam. Selain dari perintah untuk menggerakkan tangan dan kaki, perubahan gaya renang juga dapat meningkatkan disiplin anak. Setiap dua kali atau tiga kali pertemuan, anak dapat berlatih renang dengan gaya yang berbeda sehingga ia menguasai seluruh gaya renang yang diajarkan.

Itulah beberapa manfaat berenang yang bisa diperoleh anak. Banyaknya manfaat tersebut membuktikan bahwa berenang adalah media yang sangat baik untuk menyehatkan anak dan bahkan mencerdaskan anak. Bahaya obesitas dan a sosial bisa dieliminasi dengan berlatih renang bersama dengan anak-anak yang lain. Semoga bermanfaat.

Judul artikel: Sejuta Manfaat Berenang Bagi Anak
Kategori :
Diposting pada: Rabu, Oktober 23, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/10/sejuta-manfaat-berenang-bagi-anak.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

2 komentar:

  1. anak saya punya masalah pernafasan. apakah berenang bisa mengurangi penyakitnya, atau malah justru dapat menambah parah?

    BalasHapus
  2. Wah kalau ada masalah dengan pernafasan, perlu konsultasi dokter Bunda. Saya juga belum sempat mencari referensinya Bunda. Kalau sempat konsultasi, sharing di sini ya bunda, biar kita semua juga tahu tentang masalah tersebut.

    BalasHapus

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.