Mengapa Donat Tidak Baik Untuk Sarapan?

Menu Sarapan - Memberi sarapan sehat bagi anak adalah kebutuhan sehari-hari yang harus diberikan oprang tua. Dengan modal praktis dan mudah orang tua sering salah dengan memilihkan fast food sebagai menu sarapan, seperti donat, roti, mie instant dan lain-lain. Padahal, memberi donat untuk sarapan anak adalah pilihan yang tidak tepat karena tidak mencukupi kebutuhan dasar digunakan sebagai sarapan. Kenapa donat tidak baik untuk sarapan?

Masih ingat dengan menu sarapan sehat pada posting sebelumnya? Menu sarapan sehat setidaknya harus memenuhi beberapa hal termasuk asupan kalori, protein, serat, dan cairan. Donat hanya mengandung karbohidrat dan gula yang tidak banyak memberi kebutuhan serat dan protein anak. Untuk sarapan yang sehat sebaiknya dihindari makanan yang mengandung tinggi kadar gula dan lemak seperti donat.

Donat Minim Nutrisi

donat tidak baik untuk sarapan

Memang donat sangat praktis diberikan pada anak tapi tidak banyak mengandung nutrisi. Karena banyaknya kadar karbohidrat dan gula, donat tidak bisa memberi rasa kenyang dalam waktu yang lama. Donat, roti, dan kue manis lainnya umumnya dibuat dari tepung terigu, margarin, dan banyak gula. Memberi donat untuk sarapan dalam jangka waktu yang lama bahkan dapat mengakibatkan diabetes dan kegemukan. Karena kandungan yang minim nutrisi, donat tidak bisa memberi rasa kenyang bahkan dapat menyebabkan anak cepat lelah dan mengantuk. Akibatnya konsentrasi belajar anak saat di sekolah bisa buyar dan malas belajar.

Untuk menghindari ini coba gunakan menu sarapan sehat sederhana dengan kombinasi makanan sehat yang dari sumber makanan sarapan sehat atau bisa dengan mencontoh sarapan sehat ala turki. Anda tidak ingin bukan, masa-masa belajar anak menjadi terganggu karena kesalahan sarapan. Ingat bahwa sarapan adalah asupan awal bagi anak yang kandungannya digunakan tubuh untuk melakukan aktivitas selama masa-masa produktif antara jam 7 pagi hingga 12 siang. Saat-saat ini adalah saat dimana anak beraktivitas luar biasa, mulai dari belajar dan bahkan olahraga di sekolah. Memberi sarapan sehat bagi anak adalah modal sehat yang baik untuk anak.

Sudah tahu bukan? Mengapa donat tidak baik untuk sarapan? Iya, karena donat tidak banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat akan memulai aktivitas produktifnya. Usahakan selalu memberikan asupan nutrisi yang cukup dan mengandung setidaknya 4 hal, kalori, protein, serat, dan cairan. Bila Anda terbiasa belanja pagi jangan lupa menyiapkannya untuk kebutuhan selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Judul artikel: Mengapa Donat Tidak Baik Untuk Sarapan?
Kategori :
Diposting pada: Rabu, Oktober 23, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/10/mengapa-donat-tidak-baik-untuk-sarapan.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.