Manfaat Cabai Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Cabai - Siapa sangka tumbuhan yang rasanya pedas ini (cabai) mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan selain untuk menajamkan rasa dalam makanan. Cabai yang juga dikenal dengan lombok ini banyak mengandung Vitamin A, B, dan C. Dalam cabai terkandung banyak senyawa bermanfaat bagi kesehatan. Cabai juga mengandung antioksidan bermanfaat menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Tidak hanya itu, caba juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang bermanfaat menanggulangi masalah kanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980 pada Wikipedia ).

Bagaimana, keren bukan kandungan senyawa sehat dalam cabai? Yup, segala manfaat yang ada dalam cabai ini dapat membantu manusia menjaga kesehatannya. Tentunya dengan kadar yang tidak berlebihan karena bisa mengakibatkan nyeri lambung. Pedas yang berlebihan juga bisa merusak kesehatan terutama pada lambung manusia. So, be wise!

Baru-baru ini juga dikemukakan bahwa dalam cabai mengandung capsinoid yang berfungsi untuk membantu menurunkan berat badan. Sebagaimana dilansir Livescience.com, bahwa berdiam pada hawa dingin dan makan cabai dapat menurunkan berat badan. Capsinoid dalam cabai merangsang produksi sel Brown Fat yang akan membakar energi tubuh.

Exposure to cold and consumption of chemicals found in chili peppers both appear to increase the number and activity of so-called brown fat cells, which burn energy, rather than store it as typical "white" fat cells do, said Takeshi Yoneshiro, a researcher at Hokkaido University Graduate School of Medicine in Japan.

manfaat cabai untuk kesehatan

Cabai Berguna Untuk Mengatasi Beberapa Masalah Kesehatan


Berikut adalah beberapa manfaat cabai yang sudah sering digunakan masyarakat di Indonesia. Cabai dapat digunakan dalam berbagai kasus pada masalah kesehatan.

Untuk Mengatasi Masalah Mata Dan Gigi


Kandungan vitamin A dan C serta Karoten dalam cabai adalah sumber yang baik untuk kesehatan mata. Karena itu mengkonsumsi cabai dapat menurunkan resiko terserang masalah mata seperti katarak dan lain-lain. Untuk menanggulangi masalah gigi, cabai juga bisa. Masih ingat kan, bahwa cabai juga bisa digunakan sebagai bahan untuk mengobati sakit gigi?

Untuk Melegakan Pernapasan


Kenapa hidung jadi meler saat Anda kepedasan? Itulah reaksi saluran pernafasan terhadap rasa pedas cabai. Cabai dapat merangsang keluarnya cairan saluran pernafasan dan bermanfaat untuk membersihkan hidung yang tersumbat. Ini juga bermanfaat untuk membersihkan lendir dalam hidung sehingga pernafasan menjadi plong.

Untuk Mengatasi rematik


Cabai bisa digunakan untuk treatment pada sakit rematik dengan cara memngoleskannya pada bagian yang sakit. Tumbuk halus cabai kemudian seduh dengan air panas dan gunakan sebagai obat oles atau bobok.

Sebagai Peningkat Daya Tahan Tubuh


Beberapa kandungan vitamin dalam cabai seperti A, B, dan C dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kekebalan tubuh dari penyakit. Baca juga beberapa makanan untuk kekebalan tubuh.

Menghambat Munculnya Radang


Cabai mengandung zat capsaicin yang mampu menghambat neuropeptida yang dapat menimbulkan terjadinya radang. Bila Anda akrab dengan obat luar jenis salep, tentu Anda dapat dengan mudah menemukan salep yang mengandung capsaicin, yakni salep yang biasa digunakan untuk menurunkan sakit pada rematik atau nyeri sendi.

Untuk Mencegah Stroke


Kandungan capsinoid dalam cabai ternyata dapat membuat darah tetap encer dan menghalangi tumbuhnya kerak lemak pada pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi penyumbatan dan penggumpalan darah. Dengan demikian cabai dapat memperkecil masalah stroke, penyumbatan pembuluh darah dan masalah jantung koroner. Baca juga bahwa kopi dan teh juga bisa mencegah stroke.

Untuk Menjaga Kesehatan jantung


Mirip dengan fungsi pada pencegahan stroke, cabai juga ampuh untuk merawat kesehatan jantung. Cabai dapat menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol jahat dalam darah. Cabai akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melarutkan fibrin, yaitu zat esensial untuk pembentukan pembekuan darah. Sehingga, sistem peredaran darah dan jantung menjadi lebih sehat.

Itulah beberapa manfaat cabai untuk kesehatan manusia. Beberapa zat baik dalam cabai sengatlah bermanfaat bagi tubuh akan tetapi tetap dalam porsi yang wajar. Terlalu banyak konsumsi cabai juga tidak baik bahkan bisa menyebabkan kanker pada perut. Sebaliknya, konsumsi cabai wajar juga bisa mengurangi resiko terserang penyakit kanker. Karena itu Anda tetap harus waspada, konsumsulah cabai dengan baik tanpa terlalu. Semoga bermanfaat!

Judul artikel: Manfaat Cabai Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Kategori :
Diposting pada: Kamis, Oktober 24, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/10/manfaat-cabai-untuk-kesehatan-tubuh.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

1 komentar:

  1. oo gitu ya Pak.... kemungkinan q gag bisa gemuk waktu kecil suka bgt sm sambel. trus tempat tinggal termasuk dingin.

    sy pernah baca sebuah buku, kalo pedas2 gag bagus buat pernapasan, ato orang yg lagi latihan pernapasan.

    mungkin, manfaat cabe bukan hanya buat kesehatan, tapi juga bermanfaat buat petani cabe sama penjual cabe :)

    BalasHapus

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.