Penelitian: Android Lebih Rentan Malware

Gadget Informasi - Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan operating system (OS) Android mampu menggugah dunia gadget menjadi semakin ramai. OS Andrroid yang tergolong baru ini dapat melakukan ekspandi besar-besaran pada teknologi komunikasi dengan cepat.

Sebarannya yang luas dan mudahnya implementasi menjadikan Android sebagai OS paling banyak digunakan baik oleh pengembang maupun user.

Akan tetapi disinilah letak masalahnya, karena percepatan dan kemudahannya, ditambah lambatnya vendor menyesuaikan dengan sistem terupdate yang sudah lebih baik, Android bisa jadi media yang sangat rawan pada serangan malware. Bisa dibilang, perkembangan software berbasis Android adalah media yang sangat rawan menjadi biang malware.

Sejalan dengan masalah ini, baru-baru ini ada penelitian yang dilakukan oleh Department of Homeland Security (DHS) dan FBI (Federal Bureau and Investigation), pada tingkat kemungkinan operating sistem disusupi malware. Hasilnya menunjukkan bahwa Android bisa menjadi media serangan malware tertinggi dari beberapa os gadget lainnya.

mengamankan android kita


Berikut adalah penjelasan hasil penelitian tersebut sebagaimana dirilis oleh The Verge.

Tingkat kemungkinan Android menjadi basis media software malware adalah karena banyaknya perangkat Android yang masih mengandalkan Android versi lawas meski versi anyar yang telah dibekali berbagai pembaruan telah hadir. Proses optimalisasi oleh vendor disebut sebagai lambatnya implementasi versi anyar Android tersebut.

DHS dan FBI mengungkapkan serangan yang mengincar perangkat Android memiliki porsi terbesar dengan 79 %. Sementara serangan pada perangkat iOS hanya menorehkan porsi tidak sampai 1 % atau tepatnya 0,7 %.

Terbesar kedua yang menyusul Android ternyata adalah Symbian, sistem operasi yang telah dihentikan pengembangannya tersebut memiliki porsi kerentanan terhadap serangan malware sebesar 19 %. Diikuti oleh Windows Phone dan BlackBerry yang masing-masing hanya memiliki porsi hanya 0,3 %.

Tips Agar Android Kita Tetap Aman


Informasi ini sekaligus mengingatkan kita pada kehati-hatian dalam penggunaan media teknologi. Semua bidang kerja kita yang menggunakan teknologi gadget dapat saja dengan mudah dicuri, direkam atau diretas. Agar dapat menghindari malware dan bahaya sejenis, selalu gunakan update terbaru, sebisa mungkin melakukan transaksi keuangan manual, dan jangan lupa memasang firewall dan antivirus, selalu install aplikasi dari market resmi. Pada kesempatan lain, saya juga akan share lebih mendalam mengenai tips pengamanan android ini. Terimakasih semoga bermanfaat.





Judul artikel: Penelitian: Android Lebih Rentan Malware
Kategori :
Diposting pada: Minggu, September 01, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/09/penelitian-android-lebih-rentan-malware.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.