Hubungan Warna Sayur dengan Kanker Kandung Kemih

Sayur dan Kanker - diketahui umum bahwa buah dan sayur dapat mensuplai asupann gizi tinggi pada manusia, serta mampu menghindarkan dan mengurangi sebaran penyakit yang sedang diderita. Ternyata, ada sayur tertentu yang efektif dalam menurunkan resiko terkena kanker kandung kemih.

Sayuran yang mempu mengurangi resiko mengidap kanker kandung kemih adalah sayur berwarna kuning dan orange. Kedua jenis sayur dengan warna ini bahkan mampu menurunkan hingga 52 persen.
Itu berarti warna sayuran dapat memberitahu kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Bagaimana hal tersebut diketahui? Berikut ini adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh oleh University of Hawaii Cancer Center.

Sayur warna kuning dan orange ampuh lawan kanker kandung kemih


warna sayuran dan kanker kandung kemih


Tim peneliti menganalisa data dari 185.885 orang dewasa selama jangka waktu 12,5 tahun. Secara keseluruhan, ada 581 partisipan yang mengalami kanker kandung kemih.

Tim peneliti menemukan partisipan wanita yang mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah mempunyai risiko kanker kandung kemih lebih rendah. Hasil studi ini masih sama walaupun beberapa faktor pemicu kanker juga diperhitungkan.
 
Selain frekuensi asupan, studi juga menemukan wanita yang mengonsumsi buah dan sayuran warna kuning dan oranye mempunyai risiko kanker tipe tersebut lebih rendah 52 persen, dibandingkan wanita yang hanya sedikit konsumsi sayur buah warna kuning oranye.

Tim peneliti jug menemukan wanita dengan konsumsi tertinggi vitamin A,C, dan E mempunyai risiko mengidap kanker kandung kemih lebih rendah. Tapi, tim peneliti tidak menemukan hubungan antara konsumsi sayuran dan buah dengan risiko kanker pada pria.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition ini mendukung konsumsi sayuran dan buah sebagai langkah untuk mencegah kanker. Tim menyebutkan harus ada penelitian lebih jauh terhadap efek pencegahan kanker.

Bagaimana? Sesuai dengan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa wanita dapat berusaha agar terhindar dari kanker kandung kemih dengan banyak mengkonsumsi sayuran berwarna kuning dan orange.
Demikian pembahasan mengenai hasil penelitian tentang hubungan sayuran dengan potensi terkena penyakit kanker. Kita dapat berusaha menjadi lebih sehat dengan cara banyak mengkonsumsi buah dan sayur.

Judul artikel: Hubungan Warna Sayur dengan Kanker Kandung Kemih
Kategori :
Diposting pada: Minggu, September 01, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/09/hubungan-warna-sayur-dengan-kanker.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.