Masalah Kulit Pria dan Wanita serta Cara Pengobatannya

Masalah Kulit - Membiarkan masalah kulit ternyata juga tidak baik dan berbahaya. Meski kita sering menganggap sepele masalah kulit karena tidak terlalu mengganggu, ternyata kebiasaan ini justru dapat memicu penyakit lain yang lebih berbahaya. Dalam sharing ini, saya coba bagi informasi mengenai masalah kulit, cara mengobati dan menanggulangi masalah kulit, baik untuk pria maupun wanita.

Apa saja masalah kulit yang perlu kita tanggulangi sebelum menjadi masalah kesehatan yang lebih serius? Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit kulit yang perlu mendapat perhatian, sebagaimana juga telah dilansir Health.

Beberapa Masalah Kulit Pria Wanita dan Cara Pengobatannya

maslah kulit dan cara pengobatannya


Kita perlu memberikan perhatian pada masalah kulit ini, dan dapt melakuka pengobatan dan upaya dini untuk mengurangi atau menghilangkan masalah penyakit.


Masalah Kulit Rosacea


Masalah ini berbentuk ruam atau memar pada kulit tanpa diserta benjolan atau kasar. Kulit hanya terlihat meradang dan terkadang terasa menyengat dan membakar. Masalah ini biasanya diakibatkan oleh, Stres, sinar matahari, makanan pedas, alkohol, dan banyaknya perawatan kulit bisa memperparah Rosacea. Obat oral atau obat anti-inflamasi topikal bisa mengobati penyakit ini. Sebaiknya hindari produk perawatan yang ditujukan untuk kulit sensitif.

Masalah Kulit Dermatosis papulosa nigra (DPN)


DPN berbentuk bintik kecil dan coklat kehitaman yang banyak pada wajah serta leher. Biasanya masalah ini muncul selama masa pubertas dan meningkat seiring bertambahnya usia. Riwayat keluarga juga bisa jadi penyebabnya. DPN tidak berbahaya dan bisa diobati.

Masalah Kulit Sensitif


Maslah ini bisa diidentifikasi saat kulit rentan terhadap gatal-gatal, terbakar, dan juga kemerahan akibat menggunakan kosmetik atau peralatan mandi tertentu. Kulit juga bisa sensitif terhadap prosedur facial atau perawatan kulit lainnya. Untuk menjaga kulit sensitif, pilihlah pembersih yang bebas sulfat dan pakai pelembab khusus. Hindari produk perawatan kulit yang mengandung alkohol, alpha hydroxy acids, dan asam salisilat. Tabir surya atau make up kaya mineral biasanya cocok untuk kulit sensitif.

Masalah Kulit Milia


Milia berbentuk kecil seperti mutiara yang mengandung kista dan muncul tepat di bawah permukaan kulit. Milia bisa muncul pada semua usia tetapi lebih sering terjadi pada mereka yang sering berjemur. Untuk mengatasinya bisa menggunakan krim yang mengandung retinol sehingga mengurangi pembentukan Milia baru.

Masalah Kulit Keratosis Pilaris


Merupakan benjolan pada kulit yang sedikit berwarna merah. Masalah ini biasanya dimulai saat remaja dan terjadi di lengan bagian luar, punggung, dan wajah meskipun jarang. Hal ini terjadi karena kulit tertahan saat mendapat tekanan yang keras ketika membuka folikel rambut. Kulit terasa tidak rata dan 'berduri'. Keratosis pilaris bisa diobati dengan pelembab dan obat pengelupas yang mengandung alpha hydroxy acids.

Masalah Kulit Polymorphous light eruption (PMLE)


Polymorphous light eruption (PMLE) adalah respon abnormal kulit terhadap sinar matahari. PMLE bisa berbentuk kulit yang putih dan sedikit kemerahan bahkan menimbulkan gatal di leher, wajah, atau lengan bagian luar. PMLE membutuhkan penanganan dokter kulit untuk menghilangkannya meskipun akan ada sisa noda. Tabir surya bisa digunakan agar PMLE tidak kambuh.

Masalah Kulit Pityriasis Alba


Kondisi ini umumnya terjadi pada anak-anak dan remaja dengan gejala kulit kering, bercak pucat di wajah dan adanya infeksi jamur (pityriasis versicolor) atau vitiligo. Pityriasis alba tidak berbahaya dan bisa diobati dengan pelembab atau krim steroid ringan.

Masalah Kulit Pigmentary demarcation lines (PDL)


Adalah pola alami pada kulit yang terdiri dari daerah berwarna gelap dengan transisi ke kulit yang berwarna terang. PDL terjadi pada lengan, dada, wajah, dan kaki. PDL pada wajah sering dialami perempuan disertai vercak kecoklatan pada pipi, dahi, dan di bawah area mata. Untuk meringankan garis gradasi tersebut, hindari paparan sinar matahari berlebih, gunakan tabir surya serta krim pemutih, dan Q-switched laser.

Masalah Kulit Acanthosis Nigricans


Kondisi kulit yang berwarna cokelat tua samapi hitam. Biasa terjadi di lipatan tubuh seperti di bawah mata, leher, ketiak, selangkangan, siku, lutut, dan jari. Yang sering terjadi yakni penggelapan di ketiak, leher, dan kadang di bawah mata. Untuk menghilangkannya, bisa dengan olahraga dan diet untuk menurunkan berat badan karena lipatan pada kulit tersebut juga dipengaruhi oleh tubuh seseorang, gemuk atau tidak.

Masalah Kulit Macular Amiloidosis


Kulit berwarna coklat abu-abu dengan struktur yang agak kasar dan sering terjadi di punggung atas, lengan bagian luar, siku, dan wajah. Penyebabnya bisa kerana menggosok kulit terlalu kuat, paparan sinar matahri atau tiroid yang kurang aktif. Kombinasi krim pengelupas kulit dan laser bisa mengatasinya meskipun ini tidak bisa dihilangkan.

Itulah beberapa macam masalah kulit yang sering terjangkit. Dengan mengetahui jenis-jenis masalah kulit ini, setidaknya kita dapat melakukan upaya-upaya preventif guna pencegahannya, sehingga minimal kita jauh dari masalah penyakit kulit tersebut. Apabila kita sudah mengalami masalah kulit, kita dapat melakukan upaya-upaya pengobatan awal, sehingga penyakit kulit tidak membiang dan menjadi semakin serius Semoga bermanfaat dan jangan lupa memberitahu teman-teman agar tidak menyepelekan masalah penyakit kulit. Terimakasih.

Judul artikel: Masalah Kulit Pria dan Wanita serta Cara Pengobatannya
Kategori :
Diposting pada: Selasa, Agustus 27, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/08/masalah-kulit-pria-wanita-cara-pengobatannya.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.