Kesalahan Menangani Blackberry Lemot

Tips Blackberry - Beruntung saya baca sebuah artikel tentang Blackberry yang benar-benar mencerahkan. Sebelumnya saya masih dibuat bingung oleh beberapa tips mempercepat dan menangani masalah Blackberry yang melambat alias lemot.

Karena sudah kadung dicopy text saya lupa link-nya. Penulisnya Mas Yohanes. Kalau sudah ketemu akan saya linkan langsung.

Ceritanya begini, saat merasakan bb saya terasa melambat saya coba search beberapa tips mengenai cara menangani BB lemot, atau bahkan sampai mode jam pasir. Alhasil, ada beberapa tips dan saya coba praktikkan. Beberapa tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Menekan kombinasi Alt-LGLG lalu memilih “Clear Log”.
  2. Memanfaatkan fungsi Memory Cleaning pada menu Option. 
  3. Pemanfaatan aplikasi sejenis Memory Booster.
Dari beberapa cara tersebut, ternyata tidak satupun yang benar-benar berfungsi untuk menyelamatkan BB dari kondisi lemot. Cara-cara tersebut hanya akan sedikit sekali mengurangi log dan cache program. Jadi tidak bisa difungsikan untuk mempercepat kerja Blackberry, kalaupun toh ada hanya sedikit sekali. Lebih berbahaya lagi, beberapa cara tersebut malah menguras baterai lebih cepat.

Mari kita bahas satu persatu.

Salah Sangka Mengenai Kombinasi Alt-LGLG

Entah siapa yang mula-mula menunjukkan cara ini. Kesan seperti tombol rahasia ini memang selalu menyita perhatian. Pengguna elektronika, gadget, tak terkecuali Blackberry tentu tertarik sekali untuk mencoba utak-atik dengan tombol unik ini. Sebagaimana penjelasan Mas Yohanes, orang banyak yang salah kaprah pada term cara mengatasi Blackberry lemot dengan tombol kombinasi Alt-LGLG dan memilih “Clear Log”.

Ternyata, clearing log itu sama sekali tidak memberi efek pada kecepatan Blackberry. Kenapa demikian? Itu karena ukuran Event Log di Blackberry hanya 16 kb. Jika ada event baru yang harus dicatat, maka log lama akan dihapus.

Pak Yohanes juga melanjutkan bahwa alokasi memori untuk log ini terpisah dari memori untuk data dan aplikasi, yang digunakan untuk proses debugging aplikasi bermasalah. Artinya, tidak berpengaruh pada free memory dan tidak perlu dilakukan.

Salah Sangka Mengenai Memory Cleaning


Ini yang lebih aneh lagi, memory cleaning dianggap mampu meringankan BB karena memory dibersihkan. Keterangan yang ada menyebutkan bahwa memory yang dimaksud adalah penyimpanan sementara pada data-data yang dianggap penting oleh system seperti misalnya password. Pasword anda akan sementara disimpan untuk percepatan login dan kinerja.

Membersihkan memori berarti membersihkan data-data yang disimpan tersebut. Ini biasanya dilakukan saat HP akan dijual, agar memory tidak lagi menyimpan password kita, maka dilakukan Memory Cleaning. Karena itulah mengapa fungsi ini oleh blackberry diletakkan di bagian security.


memory cleaning blackberry

memory cleaning blackberry

memory cleaning blackberry


Salah Sangka Tentang Memory Booster


Banyak orang juga tertipu mengenai penggunaan memory booster untuk meningkatkan performa BB. Ternyata hampir umum bahwa program memory booster pada os apapun, baik Java (OS-nya BB), Android, ataupun Windows itu tidak banyak bermanfaat. Umumnya memori akan menyimpan sementara dan akan terhapus dengan sendirinya saat ada aplikasi baru yang membutuhkannya. Penggunaan memory booster hanya akan menggangggu kinerja dan mengkonsumsi baterai lebih banyak.

Menurut keterangan pak Yohanes, suatu aplikasi tidak bisa membuang memori yang sudah tidak dipakainya. Sampah yang dihasilkannya dan sementara tersimpan di memori akan siambil oleh pemungut sampah (garbage collector). Ini akan dilakukan sendiri oleh system biasanya saat idle sehingga tidak mempengaruhi kinerja. Lebih jelas untuk masalah ini, baca artikelnya pak Yohanes.

Yang jelas, 1) penggunaan memory booster itu menguras baterai karena berjalan di backgroud, 2) memory yang kosong malah menurunkan performa BB karena harus melakukan komputasi ulang setiap saat menjalankan program.

Cara Aman Mengghindari Blackberry Lemot

Kalau beberapa tips mempercepat kinerja BB di atas ternyata tidak benar, lalu bagaimana cara menanggulangi Blackberry lemot?

Ikuti saran praktis dari Help Blackberry

Sebenarnya kalau mau meluangkan waktu sebentar untuk membaca-baca Help yang sudah disertakan dalam BB tentu kita sendiri bisa mengantisipasi sendiri agar BB kita tidak lemot.

Baca keterangan Help mengenai "Memory and media cards" di sini dijelaskan cara praktis meningkatkan kinerja Blackberry dengan melakukan manajemen memori dan aplikasi secara tepat.




Agar performa BB Anda berjalan dengan baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada masalah pengggunaan RAM dan CPU.

  1. Program yang banyak menggunakan RAM akan menguras memory, dan program yang banyak makan CPU akan menguras baterai. Semuanya bisa diketahui di Option > Devices > Application Management.
  2. Fitur ini sangat bermanfaat, kita bisa mengetahui banyak hal tentang penggunaan Blackberry kita.
  3. Sebisa mungkin mengurangi aplikasi yang memakan banyak CPU dan yang memakan banyak RAM.
  4. Memilih satu aplikasi yang berfungsi sama yang menggunakan ram atau cpu lebih sedikit.
  5. Menggunakan email sebagai text lebih ringan daripada yang berbentuk html.
  6. Kurangi masa waktu penyimpanan pesan BBM misalnya dari 30 hari menjadi 15 hari atau lebih kurang.
  7. History dan cache dari aktivitas browsing kita memakan banyak ruang di memory, karena itu perlu dibersihkan pada waktu tertentu, sehari atau dua hari sekali. Caranya, masuk browser > klik menu > pilih option > cari "Clear Browsing Data" > clear seluruhnya.
  8. Kurangi aplikasi yang tidak dibutuhkan.
  9. Kurangi aplikasi yang terus menerus berhubungan dengan internet yang tidak terlalu sering digunakan. (aplikasi sosial networking).

 Advanced


Tips ini hanya untuk yang mau mempelajari Blackberry lebih dalam. Untuk pemula namun tetap ingin mencobanya silahkan, tapi ada beberapa resiko yang harus dipahami. Diantara resikonya adalah BB jadi hang, mati, atau reload terus menerus. Tapi inipun bisa ditangani dengan beberapa tips lain atau melakukan service. So, tidak ada salahnya mencoba dengan hati-hati dan berani menanggung resikonya.
  1. Wipe total Blackberry. Ini dilakukan untuk memformat blackberry menjadi kosong melompong tanpa OS apapun. Bisa dilakukan dengan software JLCMDR. Baca tutorialnya di situs-situs tetangga sebelah.
  2. Shrink OS blackberry. Ini dilakukan untuk memperkecil os dengan mengurangi aplikasi-aplikasi sistem yang tidak dibutuhkan. Tutorialnya ada banyak sekali di tetangga sebelah.
  3. Install ulang OS blackbarry dengan OS yang sudah di Shrink. Tutorialnya ada banyak sekali di tetangga sebelah.
Itulah beberapa cara bagaimana menanggulangi Blackberry lemot, manajeman memory dan CPU, serta beberapa kesalahan umum tentang memory booster dan macamnya. Semoga membantu dan bisa saling berbagi. Terimakasih.

Judul artikel: Kesalahan Menangani Blackberry Lemot
Kategori :
Diposting pada: Rabu, Agustus 21, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/08/kesalahan-menangani-blackberry-lemot.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.