Apa Makanan Sumber Protein Untuk Anak?

Sumber Protein - Diketahui secara kesehatan bahwa protein sumber nutrisi yang sangat penting bagi anak. Protein ini bersumber dari banyak jenis, namun yang terbesar adalah bersumber dari makanan. Selain menjaga kesehatan anak, asupan protein juga sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan pertumbuhan anak. Apa saja makanan sumber protein untuk anak?

Protein diketahui sebagai nutrisi penting dalam tubuh yang berguna untuk membantu proses pertumbuhan otot (baca juga cara melatih otot anak) dan menjaga rambut anak tetap sehat dan kuat. Beberapa makanan yang bisa memberikan asupan protein tinggi dan cocok untuk anak sangat penting diketahui orang tua, agar dapat memberikan upaya maksimal dalam menjaga asupan protein ini.

Makanan Yang Mengandung Protein Untuk Anak


Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat dijadikan sebagai menu tinggi protein bagi anak-anak, baca juga artikel tentang sumber makanan beryodium.


Protein dari Daging ayam

ayam sumber protein

Anak-anak belum mampu menggigit dan mengunyah makanan yang keras dan kenyal, karena itu, memilih daging ayam sebagai sumber protein adalah pilihan yang tepat. Setiap 100 gram daging ayam bisa mengandung sekitar 18,2 gram protein.

Dalam memilih ayam tentu harus teliti pula, karena tidak semua daging ayam di pasaran tepat untuk anak-anak. Pilihlah daging ayam yang masih sehat dan terlihat segar. Jangan memilih ayam dengan warna pucat, kehitaman, dan berbau tidak sedap.


Edamame Mengandung Banyak Protein

edamame sumber protein

Mungkin ada yang belum kenal jenis makanan ini. Edamame adalah sejenis kacang-kacangan seperti kacang kedelai namun berwarna hijau. Edamame termasuk makanan dengan sumber protein tinggi bahkan mampu menggantikan daging dan telur. Setiap 3 sendok makan mengandung 4 gram protein. Edamame bisa diberikan sebagai makanan selingan atau dijadikan campuran lauk-pauk. Baca lengkap tentang Edamame dan kandungannya di sini.

Ikan Punya Protein Luarbiasa

ikan sumber protein

Masih ingat dengan sejuta manfaat ikan bagi manusia? Dengan makan ikan, asupan protein yang dibutuhkan anak dapat terpenuhi dengan baik. Ikan salmon misalnya, ternyata mengandung 22 gram protein per 100 gram. Karena merupakan sumber protein tanpa lemak, ikan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Di dalam daging ikan terkandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kecerdasan anak.

Sarapan Menujang Asupan Protein


sarapan sumber protein

Masih ingat dengan manfaat sarapan bagi tubuh manusia? Sarapan juga sangat mendukung kecerdasan anak. Dengan sarapan yang berkualitas asupan protein yang dibutuhkan anak dapat tercukupi. Ada sekitar 4,4 gram protein yang bisa diserap oleh tubuh si kecil. Karena itu, ketika sarapan, berikanlah menu-menu kaya protein untuk mendukung asupan protein bagi anak.


Judul artikel: Apa Makanan Sumber Protein Untuk Anak?
Kategori :
Diposting pada: Rabu, Juni 05, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/06/apa-makanan-sumber-protein-untuk-anak.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.