Wanita Menopouse Mudah Terserang Diabetes

Diabetes - Hasil penelitian kesehatan terbaru menyatakan bahwa wanita menopause lebih mudah terserang penyakit diabetes. Setidaknya hal ini mengingatkan kita bahwa saat kita lebih tua, penyakit akan lebih mudah menyerang kita. Termasuk juga diabetes,karena ternyata ada mekanisme kesehatan dalam tubuh kita yang menurun dan bisa mengakibatkan kita mudah terserang diabetes.

****

wanita menopause mudah terserang diabetes


Waspada pada diabetes mungkin tidak terlalu berlebihan mengingat serangan penyakit ini telah mewabah bak air bah, menerjang kemana saja baik kota maupun desa. Mengidentikkan diabetes dengan kelebihan asupan gula juga tidak terlalu salah --meski banyak juga penyebab lain yang menjadi pemicu--, sebab gula ditengarai ikut bertanggung jawab pada kematian 180.000 manusia pertahun. Penyakit diabetes memang saat ini sedang fenomenal disamping juga penyakit serangan jantung koroner.

Gula yang sehari-hari ada di sekitar kita pada kenyataannya telah menjadi makanan favorit selain beras, yang ternyata mengandung gula juga. Pertanyaannya, bagaimana menghindari gula kalau sehari-hari kita harus bergumul dengan gula. Naif juga memang, tapi itulah kenyataanya. Pelbagai citra makanan dan minuman enak akan selalu berhubungan dengan tambahan gula. Kita benar-benar masuk dalam wilayah pencitraan iklan yang meringsek dalam alam bawah sadar kita bahwa "tanpa gula makanan dan minuman akan terasa hampa."

Padahal, setelah sebelumnya kita disuguhi berita tentang betapa ganasnya gula, saat ini juga muncul hasil penelitian akan dahsyatnya gula saat wanita sudah menginjak menopause. Saat menopause wanita ternyata lebih rentan pada penyakit diabetes. Mengapa demikian? Simak saja hasil penelitian yang dirilis di Empowher berikut.

Diabetes Mudah Menyerang Wanita Menopause

Kadar hormon estrogen dan progesteron mengalami  pergeseran saat wanita menopause. Hal ini dapat mempengaruhi sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin. Sehingga gejala menopause dapat memperburuk kadar gula darah dan menjadikannya kurang dapat diprediksi. Penurunan estrogen tampaknya menyebabkan sel-sel pankreas menjadi resisten terhadap insulin, sehingga memperburuk kadar glukosa darah. Resistensi insulin menyebabkan sel lebih mudah menyerap glukosa dari darah, dan menyebabkan kadar glukosa dalam darah menjadi lebih tinggi. Inilah yang menyebabkan wanita menopause mudah terserang diabetes.

Keadaan tersebut, yakni resistensi terhadap insulin, dapat mengakibatkan komplikasi diabetes dalam darah. Karenanya sangat penting untuk selalu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh lebih-lebih saat menopause. Perlu ada perubahan dalam gaya hidup terlebih terhadap konsumsi makanan yang mengandung gula. Pilih buah segar untuk menikmati rasa manis daripada gula sederhana. Olahraga menjadi hal penting saat terjadi penurunan funsi sel saat menopause.

Mulai saat ini, terlebih pada wanita menginjak menopause sebaiknya lebih berhati-hati dengan asupan makanan khususnya yang manis-manis. Perubahan biologis yang ada dalam tubuh wanita menopause membuka ruang pada makanan manis dan kaya gula menjadi serangan diabetes.

Judul artikel: Wanita Menopouse Mudah Terserang Diabetes
Kategori :
Diposting pada: Selasa, April 09, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/04/wanita-menopause-mudah-terserang-diabetes.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.