Kombinasi Menu Sarapan Sehat Berkualitas

Masih ingat dengan posting mengenai hubungan sarapan dengan kecerdasan anak? Kali ini saya akan melanjutkan mengenai sarapan sehat berkualitas. Untuk mendapat manfaat maksimal dari sarapan, tentu sarapan tidak bisa sekedar sarapan saja, tetapi butuh menu sarapan sehat yang berkualitas. Bagaimana sarapan sehat itu? Apa jenis makanan yang bisa dipakai sebagai bahan menu sarapan berkualitas?

Selain memberi tenaga dan suplai awal dalam setiap harinya, sarapan juga perlu disusun dengan jenis makanan (menu makanan) yang bisa memberi manfaat secara maksimal. Sebut saja dengan sarapan yang sehat dan berkualitas. Sederhana kok, sarapan berkualitas itu sama saja dengan makanan sehat dalam bentuk apapun. Makanan ini terdiri dari jenis makanan dan minuman yang mengandung:
  1. Karbohidrat
  2. Protein
  3. Serat
  4. Cairan

Beberapa makanan seperti nasi dan sereal dapat mensuplai karbohidrat yang akan menyumbang energi (kalori). Untuk protein bisa didapatkan dari jenis lauk seperti ikan dan telur. Serat dapat mudah diambil dari buah dan sayur. Dengan kombinasi 3 jenis makanan tadi menu sarapan Anda sudahlah sehat. Untuk mensuplai cairan tubuh sampai siang, Anda dapat minum air putih secukupnya setelah sarapan. Akan lebih baik bila ditambahkan dengan susu karena mengandung kalsium.

sarapan yang berkualitas

Sebenarnya, tanpa disadari setiap hari kita juga sudah melakukan ini, yakni sarapan dengan makanan yang terdiri dari jenis makanan di atas. Namun sering kali karena waktu yang tidak mencukupi karena harus segera bekerja, kita tidak sempat makan atau masak makanan tersebut. Bahkan, karena tergesa-gesa kita kemudian makan makanan cepat saji, seperti mi instant, atau fast-food yang lain, padahal dalam makanan ini terkandung bahaya besar yang siap menjegal kesehatan kita, seperti, lemak trans yang pernah kita bahas sebelumnya.

Kombinasi makanan (food combining) di atas sangatlah mudah untuk disiapkan, kita hanya perlu membiasakan. Bersyukurlah bagi Anda yang sudah terbiasa dengan makanan yang mengandung beberapa unsur makan di atas. Umumnya, karena istri juga bekerja, beberapa pekerjaan pagi di rumah seperti memasak menjadi pekerjaan rumah yang jarang dapat dilaksanakan. Suami dan anak-anak terkadang hanya bisa sarapan dalam perjalanan kerja atau sekolah.

Jangan pernah mengandalkan anak-anak sarapan di perjalanan sekolah, karena kita tidak pernah bisa mengontrol jenis makanan sarapan yang masuk ke dalam perutnya. Bahkan, sebagian anak sekolah, sebagaimana yang sering saya cermati, mereka tidak sarapan, saat waktu istirahat, biasanya mereka membeli makanan di sekolahan, dan pada saat inilah sebenarnya mereka mendapatkan asupan makanan yang samasekali jauh dari kesehatan, mereka biasanya makan mi instant yang dijual di kantin atau warung sekolah.

Bagi orang tua seperti saya, menyiapkan sarapan untuk keluarga itu sangat penting. Terkadang setiap pagi, saat saya jalan-jalan pagi sembari pergi atau pulang dari mengantar istri belanja di pasar, ada sebagian sayuran yang sengaja tidak saya beli. Saya memetik sendiri dari dalam pot sayuran yang sudah saya siapkan. Ada bayam, kangkung, daun pepaya, dll.

Oke, masih ingat dengan kombinasi menu sarapan yang sehat? Kita sebut lagi; karbohidrat, lauk, sayur, buah, minum. Setidaknya 3 jenis makanan dan minum secukupnya dapat kita makan pada saat sarapan setiap harinya. Semoga bermanfaat.

Judul artikel: Kombinasi Menu Sarapan Sehat Berkualitas
Kategori :
Diposting pada: Kamis, Maret 07, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.co.id/2013/03/apa-itu-sarapan-yang-berkualitas.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.