Mencegah Rambut Rontok dengan Pemijatan Sederhana

Agar rambut kita tidak mudah rontok, kita perlu mencegahnya dengan treatment tertentu. Kebiasaan kita juga sangat berpengaruh pada kesehatan rambut. Terlalu sering berkeramas ternyata juga tidak baik pada rambut. Terus perawatan seperti apa agar rambut kita tetap normal dan tidak rontok? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menghindari masalah kesehatan rambut.

mencegah rambut rontok

Penyebab Rambut Rontok

Berikut ini adalah beberapa hal yang ternyata bisa menyebabkan rambut rontok. Kebiasaan kita sehari-hari pada rambut mempunyai pengaruh besar pada potensi kerontokan rambut. Apa saja hal itu? Temukan masalah-masalah tersebut disini.

Rambut Rontok Karena Sering Keramas


Keramas bisa dikatakan terlalu sering bila dilakukan setiap hari. Untuk mencegah rambut rontok, Kurangi kebiasaan Anda sering keramas. Keramas yang normal adalah maksimal 3 hari sekali. Jangan terbalik tiga kali sehari, malah hancur rambut kita. Pengguanaan sampo yang terlalu pada rambut kita bisa menyebabkan rambut kering. Sampo sebagaimana jenis detergen yang lain, mempunyai karakteristik melebur minyak. Bila rambut terlelau sering terkena sampo, maka minyak alami yang berada pada rambut bisa kering, padahal itu sangat berguna untuk memberikan nutrisi pada rambut.

Bagi mereka yang bekerja diluar ruang, dan memang harus selalu keramas setiap hari, ada treatment khusus. Karena rambut sering kotor ketika seharian berada di luar ruang, bila berkeramas setidaknya Anda bisa memberikan sedikit kondisioner. Dengan kondisioner, kelembapan dan kadar minyak rambut bisa terjaga.

Ada satu lagi, tips untuk menjaga kesehatan rambut selesai keramas. Ketika Anda selesai keramas dan rambut masih basah gunakan sisir yang jarang. Hal ini untuk menghindari kerusakan rambut akibat terlalu keras tersapu sisir.

Rambut Rontok Karena Produk Penata Rambut


Memakai gel, volumizer, serum, hairspay, minyak rambut, dan produk-produk yang lain ternyata bisa mengurangi kesehatan rambut. Untuk mencegah rambut rontok gunakan sesedikit mungkin produk-produk tersebut. Gel, minyak rambut dan berbagai jenis lotion untuk rambut bisa membuat rambut kempal dan kotor. Anda harus keramas dahulu untuk membersihkannya. Ketika rambut mengalami kebiasaan yang serba ekstrem tersebut, tentu saja akan menjadi tidak sehat.

Masalah Karena Sinar Matahari


Diketahui memang matahari sangat bermanfaat pada tubuh kita. Namun bila terpapar terlalu sering juga tidak baik kan. Terpapar seinar matahari terlalu sering juga bisa menyebabkan rambut cepat rusak dan mengering. Untuk menghindari ini, gunakan topi atau jilbab bila Anda sering keluar ruangan. Menggunakan produk yang mengandung tabir surya juga ada baiknya, baik berupa sampo atau yang lain, tapi sekali lagi jangan terlalu sering. Lindungi rambut Anda dengan produk yang mengandung tabir surya.

Perawatan Rambut dengan Pemijatan


Ternyata rambut juga bisa di treatment dengan memakai pemijatan. Memijat rambut bisa memberikan efek positif pada kesehatan rambut. Artinya, untuk mencegah rambut rontok, bisa juga dilakukan dengan pemijatan. Kebiasaan ini bermanfaat sekali.

Cara Memijat Rambut


Sebenarnya bukan memijat rambut sih, tapi memijat kepala yang ada rambutnya he hehe. Hal ini sangat berguna untuk kesehatan rambut Anda. Memijat-mijat kepala ternyata dapat mendistribusikan minyak alami ke seluruh permukaan yang di tumbuhi rambut. Bagaimana caranya? Menggunakan tangan atau ujung jari sebenarnya bisa juga tapi kurang efektif. Yang efektif adalah menggunakan sikat rambut yang ujungnya tumpul (pentul). Gerakkan sikat rambut memutar keseluruk kulit kepala sekitar 15 menit. Setelah menekan-nekan pangkal rambut atau kepala, dilanjutkan dengan melakukan penyisiran dari bawah hingga ujung rambut. Jadikan kebiasaan sebelum tidur. Bila Anda dapat melakukannya secara teratur, aka nada banyak manfaat bagi rambut Anda.

Demikian sedikit sharing dari saya tentang cara mencegah rambut rontok. Bila saya mendapati tips-tips yang lain, saya akan suka sharing di sini. Anda juga bisa sharing artikel ini ke teman-teman Anda, bisa dengan cara me-like-nya atau men-tweet-nya he he he. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Judul artikel: Mencegah Rambut Rontok dengan Pemijatan Sederhana
Kategori :
Diposting pada: Sabtu, Februari 23, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/02/tips-untuk-mencegah-rambut-rontok.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.