Persiapan UN 2013

Menghadapi UN tahun 2013 ini para pelajar banyak disibukkan dengan kegiatan belajar, baik belajar sendiri maupun didampingi guru les (les privat). Tapi benarkah persiapan UN 2013 yang kamu lakukan sudah sesuai dengan target tercapainya lulus sekolah dengan nilai baik? Tentu hal ini kembali kepada diri sendiri dan orang tua. Mempersiapkan UN 2013 dengan target nilai baik harus tetap mengikuti rambu-rambu dan cara belajar efektif. Jangan sampai kamu terlalu memaksakan diri atau terpaksa untuk mengikuti semua kegiatan belajar demi mempersiapkan UN 2013.

Semangat belajar itu baik, belajar sendiri juga baik, ditemani oleh seorang guru les juga lebih baik. Yang perlu diperhatikan adalah waktu belajar dan kekuatan belajar. Jangan sampai waktu kamu hanya habis untuk melakukan persiapan. Habis karena terpaksa mengikuti segala kegiatan belajar yang sudah diplot orang tua. Buatlah jadwal belajar yang menyenangkan dan tidak sembarang waktu. Cukupkanlah waktu belajarmu dengan tambahan beberapa jam dari waktu belajar regulermu. Jangan sampai seharian penuh dan bahkan sampai larut malam kamu belajar. Hal ini malah lebih berbahaya ketika kamu jatuh sakit atau menjadi tertekan, hasilnya pelajaran malah tidak masuk.

Untuk menambah kelengkapan persiapan UN 2013, pelajari juga kumpulan soal-soal dan pembahasannya dari naskah soal UN tahun lalu. Bila perlu, carilah bahan yang sudah termasuk pembahasannya. Melakukan telaah pada soal UN 2012 atau 2011, adalah strategi jitu dalam menghadapi soal UN. Agar kamu menjadi cepat tanggap pada model soal yang akan keluar nantinya. Karena diketahui bahwa soal-soal ujian setiap tahun pada dasarnya sama saja. Yang terpenting adalah sesuai dengan kisi-kisi soal ujian dan standar kompetensi lulusan (SKL).

Untuk mendapatkan contoh kumpulan soal-soal dan pembahasannya, pada posting selanjutnya akan saya posting beberapa kelengkapan persiapan UN 2013. Jangan lupa buatlah time line mulai saat persiapan, kapan istirahat, dan kapan selesai persiapan. Sesuaikan dengan jadwal UN 2013 yang sudah diumumkan pemerintah (kemendiknas).

Pada saat benar-benar ujian akan berlangsung, jangan tegang, ikuti beberapa tips berikut:

Tips Menghadapi Ujian Nasional 2013

Persiapan UN 2013

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghadapi UN 2013.

Lakukan Persiapan

Cek alat tulis dan kelengkapan mengerjakan soal lainnya. Jangan sampai ketinggalan. Kosentrasi pada saat ujian.

Tenang Bukan Tegang

Semua persiapan yang sudah kamu lakukan sebelumnya, tidak akan sia-sia. Dengan kosentrasi dan bersikap tenang, semua pelajaran dan tips yang telah dipelajari selama sekolah dan selama persiapan UN akan mudah diingat kembali.

Baca dengan Seksama Setiap Soal

Bagaimana kamu bisa mengerjakan soal bila kamu tidak paham dengan soal yang dipermasalahkan. Artinya, pahami dengan benar setiap soal yang ada. Jangan tergesa-gesa karena kata-kata tertentu seperti “kecuali”, “except”, “yang salah”, yang benar” terkadang terlewat. Kalau kata-kata bermakna sebaliknya ini terlewat, fatal akibatnya.

Isi LJK dengan Tenang

Mungkin karena anjuran yang berlebihan, bahwa coretan pena dalam LJK yang keluar dari lingkaran yang ditentukan bisa mengakibatkan jawaban kamu salah, kamu mengisi LJK dengan sangat hati-hati, ini baik tapi menyita waktu. Yang benar adalah isi LJK dengan tenang dan bisa-biasa saja, yang penting lingkaran sudah hitam. Pada akhir menyelesaikan naskah soal, kamu mungkin masih punya kesempatan untuk memeriksa kembali.

Berdoa Itu Penting

Manusia itu ciptaan Tuhan. Tidak ada ilmu pasti dalam semua kegiatan manusia. Karena itu, memohon kepada Allah agar dapat menyelesaikan ujian dengan benar adalah hal wajib.

Demikian beberapa persiapan dan tips menghadapi UN 2013. Bila kamu membutuhkan beberapa prediksi soal ujian UN 2013 beserta pembahasannya. Saya berharap bisa segera mempostingnya. Semoga tips ini bermanfaat dan member ketenangan pada siswa dan orang tua.

Judul artikel: Persiapan UN 2013
Kategori :
Diposting pada: Jumat, Februari 22, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/02/persiapan-un-2013.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.