Panduan Menyusun dan Menulis Proposal

Menulis proposal yang baik dan benar tentu menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Terlebih ketika kita aktif dalam berbagai kegiatan baik di kampung, sekolah, maupun kampus. Selain itu, proposal juga menjadi hal yang penting bagi mahasiswa, guru, dan dosen. Tentu saja sesuai kebutuhan akademis mereka. Jika mahasiswa menyusun proposal untuk penelitian skripsi mereka, dosen menyusun proposal untuk penelitian dan kenaikan pangkat mereka, begitu pula guru.

Ada banyak macam contoh proposal di internet, namun sayangnya, sejauh penelusuran penulis, beberapa sumber terpercaya malah berada pada posisi yang jauh sekali dari halaman pencarian. Sedangkan di halaman-halaman awal, umumnya dipenuhi dengan artikel-artikel susunan proposal dari blog-blog yang mengejar kata kunci. Ya, inilah yang membuat miris. Sebagian besar tautan contoh proposal ditautkan pada situs upload yang menayangkan iklan (maaf) dewasa. Karena itu, saya mencoba mendaftar beberapa contoh proposal dari sumber kampus dan terpercaya lainnya yang bisa diambil secara langsung.

contoh proposal


Berikut adalah beberapa contoh proposal sesuai dengan karakteristiknya masing-masing.

Panduan Penulisan Proposal

Pada bagian awal, untuk menyusun proposal tentu saja kita membutuhkan sebuah panduan penyusunan. Buku panduan ini diperlukan untuk menyesuaikan format cover, halaman, dan tulisan dalam penyusunan proposal.

Contoh panduan penulisan proposal

Umumnya setiap kampus mempunyai aturan yang hampir sama. Sehingga kita bisa memanfaatkan panduan ini dalam penulisan proposal kita. Lebih tepat lagi Anda mempunyai buku panduan yang berasal dari kampus bersangkutan. Setiap kampus pasti mempunyai format panduan dalam penyusunan proposal.

Contoh Proposal Tindakan Kelas


Bagi seorang guru dan dosen melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) adalah sesuatu yang sangat diidam-idamkan namun umumnya hanya sebagian kecil guru atau dosen yang sempat melakukannya. Untuk memberikan semangat dalam penelitian ini, berikut adalah contoh proposal penelitian tindakan kelas. Silahkan menggunakannya sebagai bahan referensi dan memberikan stimulan agar segera melakukan PTK. Penelitian ini memang sangat bermanfaat. Seorang guru akan mudah melakukan sertifikasi, peningkatan jabatan dan lain-lain, bila mempunyai banyak karya ilmiah termasuk penelitian PTK ini.

Silahkan ambil contoh proposal PTK di sini.

Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif

Ada dua jenis penelitian yang digunakan mahasiswa dalam menysusun skripsi, tesis atau disertasi. Yakni penelitian jenis kualitatif dan kuantitatif. Apa beda keduanya? Berikut adalah petikan langsung dari wikipedia.
Penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Proses dan makna (perspektif subyek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian. Terdapat perbedaan mendasar antara peran landasan teori dalam penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif, penelitian berangkat dari teori menuju data, dan berakhir pada penerimaan atau penolakan terhadap teori yang digunakan; sedangkan dalam penelitian kualitatif peneliti bertolak dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas, dan berakhir dengan suatu “teori”.
Penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan/atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam. Proses pengukuran adalah bagian yang sentral dalam penelitian kuantitatif karena hal ini memberikan hubungan yang fundamental antara pengamatan empiris dan ekspresi matematis dari hubungan-hubungan kuantitatif.
Bagi yang memilih penelitian jenis kuantitatif, berikut ini adalah contoh proposal penelitian kuantitatif. Silahkan ambil contoh proposal penelitian kuantitatif di sini.

Contoh Proposal Bisnis

Bagi para pebisnis atau calon pebisnis, membuat proposal untuk melakukan sebuah kegiatan bisnis adalah hal penting untuk membuka sebuah peluang usaha, atau untuk memperlebar usaha. Bagi yang ingin menyusun proposal jenis ini, silahkan menggunakan referensi ini sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan proposal. Bagaimana model dan susunannya dapat dilihat dalam contoh. Berikut adalah contoh porposal bisnis sablon, silahkan di pakai.

Contoh Proposal LSM

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) adalah salah satu organisasi yang paling banyak berkecimpung dalam dunia proposal. Tentu saja karena kegiatan mereka berjalan berdasarkan proposal yang diajukan. Untuk mengajukan proposal kegiatan dan pendanaan, LSM tidak saja mengajukannya di dalam negeri bahkan ke luar negeri. Memang ada ciri-ciri tertentu jenis proposal yang digunakan LSM. Berikut ini adalah contoh proposal LSM yang diajukan ke organisasi dan donatur internasional, seperti, PBB, UNICEF, ILO, dll. Silahkan ambil contoh proposal LSM berikut.

Contoh Proposal Kegiatan Seminar

Kegiatan seminar bisa diadakan oleh siapa saja, termasuk organisasi atau lebaga di desa-desa. Memang umumnya kegiatan ini dimonopoli oleh para mahasiswa di kampus. Agar semangat melakukan kegiatan seminar ini bisa lebih menyebar dan dapat dilaksanakan bahkan sampai ke desa-desa, saya sematkan pula contoh proposal kegiatan seminar. Anda dapat memanfaatkannya sebagai bahan referensi untuk menyusun proposal kegiatan seminar. Silahkan ambil contoh proposalnya di sini.

Contoh Proposal Kegiatan Pramuka

Kegiatan pramuka seringkali melibatkan banyak massa. Untuk mengorganisir kegiatan pramuka dalam skala yang luas dibutuhkan kepanitiaan yang kuat. Bagaimana bentuk susunan kepanitiaan dan bentuk kegiatan pramuka yang baik? Contoh proposal kegiatan pramuka ini dapat digunakan sebagai referensi dalam rencana pelaksanaan kegiatan pramuka. Silahkan ambil contoh proposalnya di sini.

Contoh Proposal Buku

Dalam menulis buku atau menyusun sebuah buku, sebuah tim penulis atau seorang penulis dapat membuat proposal untuk diajukan kepada pihak tertentu. Bagaimana bentuk proposal buku? berikut adalah contohnya. Silahkan diambil di sini.

Contoh Proposal Praktik Magang

Mahasiswa yang berada pada semester akhir biasanya akan melaksanakan magang untuk menjadi bukti aplikasi ilmu yang diperoleh. Sebelum melaksanakan kerja magang, seorang mahasiswa dituntut untuk menyusun proposal tersebut untuk diajukan kepada kampus dan target perusahaan yang akan dilamar sebagai media kerja magang. Bagaimana bentuk proposalnya? Berikut ini adalah contoh proposal magang. Ambil di sini.

Demikian beberapa contoh penulisan dan penysunan proposal. Bila ada link yang mati harap berkomentar di kolom komentar. Sahabat juga bisa sharing contoh proposal yang lain di kolom komentar. Terimakasih.

Judul artikel: Panduan Menyusun dan Menulis Proposal
Kategori :
Diposting pada: Kamis, Februari 28, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/02/menyusun-dan-menulis-proposal.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

2 komentar:

  1. permisi sya ngambil contoh proposal penelitiannya mas.
    terima kasyih

    BalasHapus
  2. maaf ya mas, saya permisi mendowlood referensi di blognya.
    trma kasyih

    BalasHapus

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.