Manfaat Konsumsi Buah Segar untuk Kebugaran

Manfaat Buah Segar - Sejak dahulu nenek moyang kita percaya bahwa buah-buahan adalah sumber nutrisi luar biasa yang sangat baik untuk tubuh. Sampai saat ini, berbagai upaya teknologi kesehatan juga telah banyak mengungkapkan kehebatan buah-buahan dalam menunjang kesehatan tubuh manusia. Apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari makan buah segar? Ternyata buah segar mempunyai manfaat meningkatkan kebugaran tubuh dan pertahanan terhadap penyakit.



Buah segar yang dikonsumsi manusia mempunyai efek mengembalikan kebugaran dan meningkatkan kekebalan tubuh pada penyakit. Pepaya, jeruk, atau mangga, jenis buah-buahan segar yang dimakan pada siang hari mempunyai kandungan hebat yang dibutuhkan tubuh; 1) kadar air, dan 2) manis alami.  

Manfaat Buah Segar 1

Kadar air dalam buah segar tersebut ternyata dapat membantu menyeimbangkan kebutuhan cairan dalam tubuh serta meningkatkan kembali kebugaran tubuh saat kondisi tubuh mulai lemas. Itu artinya, bila siang hari kita sering kehausan dan kadar cairan dalam tubuh mulai berkurang, buah segar seperti pepaya, jeruk, dan mangga, dapat menjadi penopang selain juga minum air.  

Manfaat Buah Segar 2

Buah segar dapat mensuplai kebutuhan tenaga karena kandungan manis alami atau gula alami. Dengan demikian, suplai tenaga yang diberikan oleh buah tersebut dapat membuat tubuh tetap segar dan tahan terhadap penyakit.

Selain bertahannya kebugaran tubuh karena peningkatan kadar air dan suplai energi, buah jeruk, papaya, dan mangga yang sama-sama berwarna cerah alami ternyata dibentuk oleh senyawa alpha dan beta carotene yang sangat baik untuk kesehatan bila dikonsumsi. Sebagaimana diketahui, hasil analisis kesehatan menyatakan bahwa dua senyawa tersebut alpha dan beta carotene dapat berfungsi sebagai penopang kesehatan mata, tulang dan system kekebalan tubuh. Jenis senyawa phytochemical yang berada dalam buah ini dapat bekerja sebagai antioksidan dan membantu memberantas radikal bebas yang ada dalam tubuh. Bahkan informasi dari situs She Knows menyebutkan bahwa beta carotene juga bisa menunda penuaan dini. Beta carotene juga sekaligus dapat melindungi kulit dari efek sinar matahari.

Jenis senyawa phytochemical dalam buah dapat bekerja sebagai antioksidan dan membantu memberantas radikal bebas

Warna merah atau terang segar yang ada dalam buah jeruk, pepaya, dan nanas adalah jenis buah yang mengandung vitamin C. vitamin C yang ada dalam buah ini mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang dihasilkan dari vitamin C bekerja fengan cara mencegah penularan penyakit dan menghambat penyebaran virus serta bakteri berbahaya.

Buah Segar Bisa Cegah Kanker


Masih kurang? Saya tambahkan pula mengenai masalah kanker. Ternyata kangker juga bisa dicegah oleh buah orange segar. Buah dan sayuran berwarna orange ternyata dapat mencegah kanker payudara. Hal ini dikarenakan buah dan sayur tersebut mengandung karotenoid. Karotenoid diketahui dapat menghambat pertumbuhan kangker payudara ER-positif yakni kanker payudara yang tumbuh sebagai respon hormon estrogen. Buah dan sayur yang berwarna orange adalah termasuk buaj dalam jenis berikut ini; mangga, pepaya, jeruk, wortel, blewah, ubi orange, labu kuning, aprikot dan melon kuning.

Itulah sedikit ulasan mengenai manfaat mengkonsumsi buah segar. Kesimpulannya, bahwa mengkonsumsi buah segar dapat meningkatkan atau mempertahankan kebugaran tubuh serta (vitalitas) dan pertahanan terhadap penyakit.

Judul artikel: Manfaat Konsumsi Buah Segar untuk Kebugaran
Kategori :
Diposting pada: Rabu, Februari 27, 2013
Link Tautan: http://kangbull.blogspot.com/2013/02/konsumsi-buah-segar-untuk-kebugaran.html
Mari berbagi pengetahuan dengan menyebarkan artikel ini melalui akun sosial, Facebook, Twitter, dan Google+ Anda. Kebiasaan kecil dan ringan tapi besar untuk menambah wawasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan sungkan-sungkan kasih komentar ya ...
Mari kita berdiskusi dan menuangkan ide dengan sopan dan bebas.